SNMPTN part 1


.


Gue lagi putek bin jutek coz bingung mau milih PTN ma PTS yang berkualitas , murah meriah n kalo bisa yang gratis. Bukan karena gue gak mampu, tapi emang ga tau minat n bakat gue apa. Awalnya sih gue pengen masuk ITB ato STIS, tapi setelah ngaca matematika gue cuma dapet 7,75... apa ya ada harapan......?
“Tenang aja nak setiap manusia pasti udah ada jalannya masing-masing tergantung bagaimana besarnya usaha”, kata ibu gue bijak.
“Bener juga kata ibu gue, kenapa gue gak mau berusaha terus tawakal sama yang Maha Kuasa aja ya...? Dia kan pasti lebih tau gue daripada gue sendiri”, batin gue.
Akhirnya setelah berpikir muter muter sampe pusing gue putusin ikut SNMPTN tertulis coz perlu diketahui gue dulunya pernah ikut SNMPTN undangan dan itu GAGAL!!!!
“Mam lu udah daftar snmptn tertulis online belum...?” , tanya risyad sohib gue.
“Belum nih.. masih error terus page-nya kayak otak lu”, jawab gue.
“otak gue....? otak lu kali...! mam anterin gue bayar pendaftaran snmptn tertulis ke bank Mandiri aja yok..... ntar gue traktirin es pisang ungu deh” , tawar risyad ke gue.
“hmmmmm oke, tapi aku mau coba daftar lagi siapa tau web pagenya udah agak waras”, kata gue. Bener aja pas gue masuk lagi tuh page udah bisa di akses dan gue bisa daftar tanpa banyak error2 lagi.
Pembayaran SNMPTN tertulis udah kelar tinggal persiapan belajar aja, tapi emang yang namanya sifat males kalo udah jadi pembawaan memang susah banget ilang. Gue masih aja belajar pake sistem SKS (Sistem Kebut Semaunya) ditambah main game online seperti biasa. Padahal kalo lu tau gue ambil prodi terfavorit univ. UNDIP yang passing gradenya mencapai 56%.
“woiiii lu kagak belajar buat SNMPTN...?”, tanya risyad.
“Belajar kok”, jawab gue
“Kapan...? perasaan dari kemaren lu main game online mulu”, kata risyad.
“Besok 2 hari sebelum SNMPTN kan masih ada waktu wehehehe”, kata gue sekenanya.
“Emang lu ya kalo udah kecanduan game ya kaya gini ini lupa waktu, sadar cuy kalo lu mau sukses bukan kaya gini caranya... ga da rumusnya mau sukses, mau kaya, mau punya apa2, tapi gak mau berusaha” ,kata risyad ngingetin gue.          ( perlu anda ketahui sodara-sodara si Risyad itu gak sebijak yang ada di tulisan ini hehehe). Akhirnya setelah terjadi debat dan jajak pendapat yang agak alot gue mau juga belajar ya walaupun masih rada ogah-ogahan gitu deh.
Dua hari sebelum SNMPTN gue, iben, ma risyad udah ada di Purwokerto tepatnya di UNSOED. Yup gue mang waktu pendaftaran milih tes di Purwokerto, alasannya selain lebih deket juga lebih murahhhhh. Di sana gue njajah kos2an kakak kelas gue coz mang di kos2an ada satu ruangan yang kosong dan itu cukup buat tidur bertiga. Waktu itu karna saking optimisnya bisa ngerjain SNMPTN kami bertiga gak belajar sama sekali, kami malah shopping sana shopping sini jajan makanan itu jajan makanan ini ya pokoknya boronggggggggggggg. Akibat kebanyakan jajan ga beres di hari H nya gue kena penyakit yang binatang aja ogah “MENCRET”. “
“aduh gimana nih pengen boker mulu..?”, tanya gue memelas.
 “Elu sih konyol makanan apa aja lu makan, nih gue kasih obat anti mencret”, kata kakak kelas gue kasian.
Setelah minum tu obat, mencret gue agak mendingan lah.. jadi stadium satu cuma angin topannya (kentut) aja yang sering keluar. Di tempat ujian gue pisah ma risyad n iben, mereka berdua di ruang 305 kalo gue di ruang 302 tek.pertanian.
Di ruang ujian gue cari-cari tempat duduk sampe muter-muter ga karuan, nah waktu proses pencarian inilah gue kentut dimana-mana, di tengah, di setiap pojok ruangan, di belakang, dan di depan pun gak ketinggalan gue kentutin coz emang udah gak bisa di tahannnn setiap di tahan tetep aja pertahanannya jebol. Alhasil ruang ujian gue baunya persis kaya septic tank meletus!!! Dan ga tanggung2 bau kentut di seluruh penjuru mata angin, apalagi ruang ujian gue termasuk pengap.
“hmm bau banget nih ada perbaikan septic tank ya...?”, tanya salah satu peserta saking baunya kentut gue.
 Pengawas yang ga tahan, ambil inisiatif ambil BAYGON (entah kenapa harus baygon) buat menetralisir asap beracun yang barusan gue sebarin diman-mana. Gue dapet tempat duduk di depan pengawas persis.
“Aduh mampus, gue ga bisa pake keahlian leher lincah gue buat memata-matai jawaban tetangga nih”, batin gue. Tiba-tiba dari arah belakang ada pengawas yang ngambil kartu peserta ujian gue sambil ngomong.
“Loh mas ini fotonya sama orangnya kok beda ya...?”, tanya pengawas.
Gue kaget setengah modar, “beda gimana bu jelas-jelas sama ko”,jawab gue.
“Mana saya liat lagi mas.. oh iya ding ITEMnya sama, sorry ya mas....”, kata pengawas sambil pergi.
“Busyet kurang asem tuh pengawas.. ga tau wajah gue kaya Kim Bum apa!!!!”,batin gue. Alhasil setelah tragedi penyacatan foto, gue ga konsen ngerjain tuh soal.. yang ada di kepala gue tuh imajinasi ngelepar kursi ke pengawas tadi biar jadi final destination 7(emang ada) sekalian. Waktu tinggal 15 menit lagi dan gue masih sibuk mbuletin jawaban secara asal coz mang udah gak sanggup mikir lagi. Akhirnya selese ujian gue me risyad n iben langsung kemas-kemas terus pamitan ma orang-orang kos dan pulang ke cilacap deh.

Your Reply